FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
Your Ads Here
items

4 Cara Menjadi Mahasiswa Kupu-Kupu Berkelas

Sebagai mahasiswa, banyak peran yang bisa kamu pilih. Kalo yang udah menstrim mah peran-peran itu kebagi menjadi tiga: kura-kura (kuliah-rapat-kuliah-rapat), kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang), dan kunang-kunang (kuliah-nangkring-kuliah-nangkring). Di antara ketiga peran itu, kupu-kupu adalah peran yang paling sering dianaktirikan. Biasanya, anggapan yang muncul kepada para kupu-kupu adalah
  • Nggak punya jiwa kepemimpinan karena nggak aktif organisasi,”

    “Nggak keren karena nggak bisa mimpin demo dan nggak punya jabatan,”

    “Nggak punya faedah,”

    “Ansos garis keras”, dan

    “Jomblo akut”.
Namun, jangan salah. Nggak semua kupu-kupu punya kualitas demikian. Di antara para kupu-kupu, ada sekelompok tertentu yang secara otomatis dapat mematahkan anggapan-anggapan tersebut dengan kualitas yang mereka miliki. Contoh dari mereka adalah B. J. Habiebie, Dian Sastro, Chairul Tanjung, Nicholas Saputra, bahkan sampe Imam Syafii. Mereka-mereka itulah yang disebut sebagai kupu-kupu high class: punya manfaat, keren, dan tentunya berkelas. Nah, selalu ada harapan biar bisa jadi kayak mereka, yaitu dengan ngikutin cara-cara di bawah ini:

  1. Kerja/Bisnis

    Cara pertama yang bisa kamu lakuin adalah dengan bekerja yang kamu dibayar dari pekerjaan kamu atau dengan berbisnis. Bekerja di sini bisa dilakukan secara freelance atau part-time (sebenernya kalo mau full-time oke-oke aja selama nggak bentrok sama jadwal kuliah kamu). Pekerjaan yang diambil mahasiswa tuh biasanya guru privat, desainer, translator, dan jasa penulisan, tapi kalo kamu mau kerja yang lain nggak masalah tentunya.
                  Sementara itu, kalo kamu bisnis, kamu bisa bisnisin apa aja yang kamu bisa. Bahkan, kalo     kamu cuma bisa bisnis gorengan ya nggak papa, jadi nggak mesti harus bikin start-up. Kalo dari bisnis gorengan aja kamu bisa punya penghasilan yang besar, nantinya kamu bisa ngembangin bisnis tersebut ke bidang bisnis lain yang lebih besar. Idealnya, dengan kerja/bisnis, kamu bisa dapetin uang yang banyak, terus bisa kamu kembangin buat bikin perusahaan dan membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat Indonesia. Kalo di tengah jalan nantinya ada yang bilang kamu pragmatis atau bahkan kapitalis, biarin aja karena emang kenyataannya begitu, yang penting kamu nantinya bisa ngasih manfaat ke banyak orang, termasuk ke diri kamu sendiri dan orangtua kamu.

    2.Perkembangakan SKILL

    Kedua, dalam jadwal-jadwal kosongmu sebagai kupu-kupu, coba alihkan waktu untuk bermain game menjadi waktu untuk ngembangin skill. Hal ini berguna karena nantinya perusahaan nyari orang yang punya skill buat ngelakuin pekerjaannya, kalo orientasi kamu buat kerja. Kalo kamu nggak berorientasi buat kerja, ngembangin skill bisa diarahkan untuk memberi manfaat kepada sesama, atau seenggaknya bisa buat ikut audisi American’s Got Talent. Contoh skill yang bisa kamu kembangin adalah skill bahasa asing (kalo standarnya mahasiswa cuma bisa bahasa Inggris, kamu bisa 6 bahasa PBB), desain, kepenulisan, musik, public speaking, negosiasi, dan lain-lain.

    3. Menjadi Akrab Dengan Buku-Buku
    Cara yang ketiga ini paling berat, tapi kalo kamu berhasil di sini, kamu akan mengangkat derajat dirimu dan seluruh bangsa mahasiswa kupu-kupu sedunia. Kamu harus berkutat dengan buku-buku dan jurnal-jurnal, mikir lebih banyak, dan bakal lebih sering ngomong sama dosen. Nggak cuma itu, dalam prosesnya, kamu juga harus siap dianggap nggak punya banyak temen, disalahpahami, dibilang aneh, dan cenderung lebih lama hidup sendiri. Namun, ketika kamu berhasil menjadi ilmuwan, kamu bakal dicari di mana-mana, dibutuhkan di banyak tempat, dan mungkin perkataanmu bakal sering dikutip baik oleh mahasiswa, dosen, ataupun masyarakat umum. Selain itu, yang paling penting adalah kamu telah membantu bangsa secara konkret dengan sumbangan ilmu pengetahuanmu.

    4.Ikutin Casting
    Nah, cara yang terakhir ini mungkin nggak sekeren cara-cara sebelumnya. Namun, jangan pernah meremehkan cara yang satu ini. Apabila kamu lulus casting dan bisa memerankan peran dengan baik, nantinya kamu akan bisa jadi publik figur. Dengan menjadi publik figur, kamu bisa memengaruhi masyarakat sesuai dengan yang kamu mau. Misalnya, ketika kamu resah dengan kondisi kebersihan di lingkungan Depok, kamu tak perlu lagi nulis panjang-panjang di linimasa LINE dan tak perlu lagi bikin diskusi publik, cukup dengan melakukan ajakan bersih-bersih di lingkunganmu kepada fansmu, kamu bisa menggerakkan banyak massa untuk melakukan aksi bersih-bersih lingkungan. Juga, kamu bakal bisa memiliki tabungan pahala untuk akheratmu kelak karena dengan menjadi artis, besar kemungkinan kamu bakal dibikin jadi stiker LINE yang selain bisa membantu dalam memperbaiki estetika ruang obrolan dan komentar, juga bisa digunakan untuk melawan hegemoni dan dominasi stiker macam Karyotubruk dan Luthfi!!!



0/Post a Comment/Comments

Partner

Your Ads Here
73745675015091643
Your Ads Here
Your Ads Here

Translate